Sistem Informasi Tata Ruang (SIMTARU)

Sistem Informasi Tata Ruang (SIMTARU)

simtaru

       Informasi spasial yang menggambarkan kondisi fisik suatu daerah merupakan salah satu informasi utama sebagai dasar untuk perencanaan dan pengelolaan serta penataan sumber daya alam dan wilayah yang akurat dan tepat sasaran. Rencana pengelolaan sumber daya alam dan tata ruang merupakan konsep kegiatan pengelolaan daerah yang memiliki sifat koordinasi antar sektor, berjenjang yang dilaksanakan secara berkesinambungan.

Pemetaan ruang  mendukung dan meningkatkan efektifitas dan efisiensi pada perencanaan pada suatu daerah dibutuhkan peta dasar yang mencakup seluruh wilayah sebagai dasar perencanaan pembangunan, karena peta sebagai dasar perencanaan haruslah akurat, benar dan terbaru (up to date) infomasinya.

Sistem Informasi  Tata Ruang (SIMTARU) yang akan dirancang adalah sebuah aplikasi (Software) yang memanfaatkan teknologi digital yang memungkinkan adanya peralihan dari proses monitoring secara manual ke arah komputasi, sehingga Strategi Pengembangan Lahan dan tata ruang di sebuah daerah dapat dilaksanakan dengan detail dan akurat.

12

DASAR HUKUM

Standar teknis yang menjadi acuan, bahan komparasi dalam kegiatan Jasa Pembuatan Sistem Informasi  Tata Ruang (SIMTARU) ini mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang

Kelebihan SIMTARU Khasanah Konsultama 

  1. Terdapat layanan tanya jawab untuk masyarakat terkait permasalahan tata ruang wilayah.
  2. Terdapat layanan untuk melapor bagi masyarakat terkait permasalahan tata ruang wilayah.
  3. Sistem menampilkan semua peta dasar. Meliputi peta cakupan wilayaha, peta jaringan jalan, peta sungai dan peta kontur.
  4. Sistem menampilkan semua peta eksisting. Meliputi peta sebaran gardu induk, peta jaringan listrik, peta sungai dan peta kontur
  5. Sistem menampilkan semua peta rencana. Meliputi peta struktur ruang dan peta pola ruang.
  6. Sistem menampilkan semua peta tematik. Meliputi peta analisis persyaratan pengembangan, analisis kemampuan lahan, curah hujan, daerah aliran sungai, jenis tanah dll.
  7. Terdapat fasilitas untuk mencari lokasi peta berdasarkan nama tempat dan letak logitude dan latitudenya.