PORTFOLIO

Our Project

SMART OFFICE BKAD Bengkulu Utara

SMART OFFICE BKAD Bengkulu Utara

Sistem Informasi

SMART OFFICE BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (BKAD) KABUPATEN BENGKULU UTARA

 

Bergulirnya Reformasi dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia membawa perubahan dalam Sistem Pemerintahan Negara ditandai dengan adanya tuntutan tata kelola kepemerintahan yang baik (Good Governance) yang mensyaratkan ditetapkannya prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi dan partisipasi masyarakat dalam setiap proses kebijakan publik. Idealnya Tata Kelola Pemerintahan adalah terwujudnya suatu model kepemerintahan yang baik dan bertanggungjawab atau good governance merupakan prasyarat bagi setiap pemerintahan untuk mewujudkan aspirasi masyarakat dalam mencapai tujuan serta cita-cita berbangsa dan bernegara. Terkait dengan upaya tersebut diperlukan pengembangan dan penerapan suatu sistem monitoring dan laporan pertanggungjawaban instansi pemerintah yang tepat, jelas, terukur dan legitimate sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan dapat berlangsung secara berdayaguna, berhasilguna, bersih dan bertanggungjawab.

Peraturan Bupati Bengkulu Utara Nomor 20 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Pemerintah Berbasiskan Teknologi Informasi (E-Government) Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, telah diarahkan agar Pemerintah Daerah untuk dapat melakukan inovasi dalam rangka memudahkan tugas dan fungsi penyelenggaraan pemerintahan yang dilaksanakannya. Inovasi yang dimaksudkan disini adalah metode atau cara yang digagas dan dikembangkan pemerintah untuk memudahkan tugas dan fungsinya tersebut.

Dinamika perkembangan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Bengkulu Utara senantiasa bergerak dinamis. Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bengkulu Utara sebagai salah satu entitas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara melihat hal ini sebagai tantangan dalam mengembangkan dan meningkatkan pelayanan.  Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bengkulu Utara mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas dan kewenangan pemerintah daerah di bidang pengelolaan keuangan dan aset daerah serta merumuskan kebijakan teknis di bidang pengelolaan keuangan dan aset daerah. Permasalahan klasik yang terjadi yaitu terkait dengan proses penyaluran/pencairan dan penyerapan anggaran, termasuk penumpukan proses pencairan anggaran yang terjadi pada akhir tahun anggaran. Akibatnya sangat sering ditemukan informasi bahwa pelaksanaan proses pencairan dan penyerapan anggaran cenderung tidak maksimal dan termonitor dengan baik sehingga tidak berjalan maksimal.

Melihat gambaran kondisi dimaksud, saat ini proses pencairan dan penyerapan anggaran dilakukan oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bengkulu Utara secara manual tentu banyak kekurangannya dalam pelaksanaan antara lain :

  • Aliran data relatif lambat dan kemungkinan tingkat kesalahan data cenderung lebih tinggi
  • Validasi data diragukan, dikarena data dikerjakan manual
  • Tingkat Human Error realatif tinggi
  • Membutuhkan Waktu relatif lama; dan
  • Membutuhkan ruangan/tempat yang luas, sementara ruangan yang ada relatif terbatas.

Melihat kondisi tersebut Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bengkulu Utara bermaksud membuat tools untuk mempermudah proses pencairan dan penyerapan anggaran, serta pemantauan dan evaluasi pencairan dan penyerapan anggaran dalam bentuk elektronik (Sistem/Aplikasi) yang akan di gunakan sebagai wadah untuk proses pengolahan data secara elektronik oleh internal pegawai BKAD sendiri, pihak SKPD maupun pihak-pihak lainnya demi menjamin kemudahan, kecepatan dan akurasi data yang tepat dengan mengusung slogan pelayanan TEPAT, CEPAT, TERUKUR. 

Maksud dilaksanakan pekerjaan ini adalah peningkatan tata kelola proses pencairan dan penyerapan anggaran guna mendukung proses pelayanan satu pintu pada Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bengkulu Utara dalam meningkatkan ketepatan, kecepatan, dan keterukuran proses pencairan dan penyerapan anggaran.

Sedangkan tujuannya adalah adanya sistem/aplikasi informasi elektronik yang mempermudah proses pencairan anggaran yang secara terstruktur sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan Standar Operating Procedure (SOP) yang berlaku di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bengkulu Utara.

 

smartbkad

*User Interface Landing Page Aplikasi Smart Office BKAD

smartbkad 1

*User Interface Login Page Aplikasi Smart Office BKAD (E-Kepegawaian)

smartbkad 2

*User Interface Login Page Aplikasi Smart Office BKAD (E-Aset)

smartbkad 3

*User Interface Login Page Aplikasi Smart Office BKAD (E-Monev)

smartbkad 4

*User Interface Login Page Aplikasi Smart Office BKAD (E-Surat)

logo-kk-footer-putih-02-02.png
  • OFFICE :
    Ds. Sukorejo Wetan 3/9 Rejotangan, Tulungagung
  • STUDIO :
    Perum Arjuna Gumilang Blok H. 10 Karangploso, Ngijo, Kabupaten Malang
  • E-MAIL :
    khasanah.konsultama@gmail.com
  • TELP : +62 812-1747-1418

Follow Us

Search

+880 322448500 Beverly Boulevard Los Angeles
GUNDALA189